Pelatihan Penggunaan Website dan Pembuatan Konten Ajar pada Kelompok Ekstra Kulikuler Hidroponik SMKN 1 Petang

Authors
  • Ni Putu Desy Damayanthi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Putra Mas Yusadara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Surya Adiputra Sekolah Menengah Kejuruan 1 Petang
  • IGKG Puritan Wijaya ADH Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gusti Ngurah Wikranta Arsa Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Arya Budhi Saputra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Made Bhaskara Gautama Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dian Rahmani Putri Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Eva Susanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dewa Putu Wahyu Adi Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali


DOI: https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.356


Keywords: ekstrakurikuler, website, konten ajar, hidroponik
Section: Articles

Abstract

Ekstrakurikuler merupakan sebuah wadah pengembangan potensi peserta didik dapat memberikan dampak positif dalam penguatan pendidikan karakter. Pada SMKN 1 Petang, terdapat sebuah ekstrakurikuler hidroponik, dimana ekstrakurikuler ini bertujuan untuk mendidik para siswa untuk dapat menghasilkan tanaman yang bebas hama, hasil yang lebih banyak, dapat dipanen kapan saja, serta bebas pestisida. Namun, semenjak pandemi COVID-19 yang melanda dunia, kegiatan ekstrakurikuler ini dihentikan secara sementara terkait instruksi pemerintah yang melarang adanya kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa pengabdian ini menguslkan pembuatan sebuah website dan konten ajar yang menggunakan sosial media  dirasa dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh ekstrakurikuler ini. Pemanfaatan sebuah website yang khusus bagi ekstrakurikuler ini adalah sebagai media edukasi dan partisipasi aktif siswa dalam mengkuti pembelajaran pada ekstrakurikuler ini. Pada pengabdian ini sosial media dirasa dapat mengadopsi prinsip menyenangkan dari kegiatan ekstrakurikuler ini. Sosial media yang akan dimanfaatkan dalam pembuatan konten ajar adalah Instagram dan Youtube. Pada pelatihan tahap I ini telah dilaksanakan pelatihan pembuatan konten ajar pada media sosial, para peserta sudah berhasil membuat konten ajar menggunakan video-video yang sebelumnya telah dimiliki lalu dijadukan konten pada media sosial masing-masing

References

ADH, I. P. W. (2018). Sistem Pengendalian Nutrisi Tanaman Paprika Pada Media Hidroponik Model Tetes Menggunakan ATMEGA238. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 4(1). https://doi.org/10.36002/jutik.v4i1.401

ADH, I. P. W., & Saputra, M. A. B. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Pada Kelompok Pemuda Tani. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 49–53. Retrieved from https://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/132

Lenord Melvix, J. S. M., & Sridevi, C. (2014). Design of efficient hydroponic nutrient solution control system using soft computing based solution grading. 2014 International Conference on Computation of Power, Energy, Information and Communication, ICCPEIC 2014, 148–154. https://doi.org/10.1109/ICCPEIC.2014.6915356

Lestari, R. Y. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Watak Kewarganegaraan Peserta Didik. Untirta Civic Education Journal (UCEJ), 1(2), 136–152.

Silalahi, M. (2018). Perbandingan Performansi Database MongoDB Dan MySQL Dalam Aplikasi File Multimedia Berbasis Web. CBIS (Computer Based Information System Journal), 6(1), 63–78.

Downloads

Published
2022-12-30

How to Cite

Damayanthi, N. P. D. ., Yusadara, I. G. P. M., I Made Surya Adiputra, IGKG Puritan Wijaya ADH, Arsa, I. G. N. W. ., I Made Arya Budhi Saputra, Bhaskara Gautama, I. M. ., Dian Rahmani Putri, Putu Eva Susanti, & Dewa Putu Wahyu Adi Putra. (2022). Pelatihan Penggunaan Website dan Pembuatan Konten Ajar pada Kelompok Ekstra Kulikuler Hidroponik SMKN 1 Petang. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 5(1), 54-58. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v5i1.356